Skip navigation

Monthly Archives: September 2008

Kali ini giliran perusahaan paling kreatif.
Waduh ada banyak sih perusahaan yang muncul dalam pikiran saya. Ok saya sebut satu2 aja deh.
– Microsoft
ya mungkin sedikit pasaran. Ok menurut saya microsoft memang kreatif. DirectX, Friendly GUI, driver compatibility. Windows XP menurut saya masih versi windows yang paling stabil, ya meski tidak se advanced Vista atau windows7.
Okay, memang windows saking user friendly jadi lebih banyak orang yang hobi modding, dan sisi negatifnya adalah virus, trojan dan kawan2. Berbayar? Ya, windows memang gak gratis, bukan open source. Tapi apa dampak yang paling positifnya? Ya, pengembang software yang komersil lebih memilih mengembangkan di platform windows, “meski pada kenyataanya menggunakan software bajakan juga”:p. Ya setidaknya, sampai saat ini saya hanya bisa memainkan game teranyar di platform windows.
– Lamborghini
perusahaan mobil exotic ini menciptakan my most wanted car, lamborghini countach. Referensi nya sedikit lupa, tapi seingat saya mobil ini pertama diciptakan sekitar tahun 1970 akhir. Desain mobil ini benar2 out of the box menurut saya, setidaknya pada jaman 1970-1980an. Ya meski saking kreatifnya mobil ini juga dinobatkan sebagai mobil terboros, bayangin aja 6 miles per gallon!
– intel
hmm saya awalnya lebih tertarik menggunakan amd, tapi seiring waktu saya menyadari bahwa intel meninggalkan amd pesaingnya dengan margin yang jauh..
Prosessor intel, seperti e7200, hanya memakan daya sebesar 8W saat idle! Kemampuan komputasinya bahkan mengalahkan phenom x4 9850, yang hampir 2x lebih mahal. Tinggal tunggu saja tanggal mainnya intel i7.
Chipset intel, ini juga.. Setidaknya dari tahun lalu, intel sudah memasarkan mobo supporting ddr3 (>p35). Yang mana amd belum mengeluarkan hingga tahun ini. Memang sih faktanya in real life memory yang lebih penting quantitasnya, bukan speednya. Tapi setidaknya ddr3 juga lebih hemat listrik *walaupun harganya juga lebih mahaal*. X58, pasangannya i7 juga sudah mulai diproduksi berbagai vendor. Disini yang saya tekankan adalah bagaimana intel bisa selangkah lebih maju dibanding amd.
– nvidia
Nvidia, ya produsen graphic card ini juga, mengalahkan ATi, walaupun saya masih ragu sampai saat ini. Tapi yang pasti, nvidia mengambil langkah besar dengan mengakuisisi Ageia PhysX, melahirkan software programming CUDA, dan yang paling penting menghasilkan graphic card yang hampir selalu mengalahkan ATi dalam hal raw power, yang menjadikan nvidia memiliki pasar yang berbeda dengan ATi yang lebih mengejar price/performance. Dan saat ini sepertinya hampir semua game diawali dengan iklan nvidia *intel juga*.
– nokia
connecting people. Sejak bluetooth muncul, saya menyadari bahwa nokia memang kreatif, ya nokia 7650 seingat saya waktu itu. Warna, kamera dan bluetooth. Saya sendiri sebenarnya penggemar motorola. Namun saya menyadari bahwa desain hp yang dihadirkan nokia memang catchy. Semakin lama teknologi yang ada melampaui hp dari produsen lain. Sebut saja wifi, saya sampai kesulitan mencari hp non windows mobile dan nokia dengan kriteria memiliki wifi 2tahun lalu. Yah akhirnya jatuh ke nokia juga krn harga pocketpc yang mahal.
Sekarang, nokia sudah menstandarkan hp nya dengan fitur wifi, camera >3,2mp, dan gps. n78 sebagai contoh. Gimana produsen lain? Motorola? Hmm
SE? Kreatif, bluetooth dgn shaking sensor, meski fitur seperti gps n wifi jg belum memasar
Philips? Baterai yang tahan hingga 2-3minggu. Sangat kreatif menurut saya disaat produsen lain bermain di fitur camera dll. Tapi kurang follow up saja, service di indo kurang memuaskan. Masa teman saya sampai ganti hp gara2 batrenya ngedrop dan ga ada yang jual *ini bukan hp yang saya maksud diatas”.
oia, sebagai penutup, tulisan ini sama sekali tidak bermaksud menjatuhkan, saya hanya mencoba bersikap kritis, atau bahkan justru mendorong perusahaan tersebut agar tidak kalah kreatif. 🙂

Advertisements

Sosok paling kreatif? Saya jadi ingat jaman saya SD, sering pinjam buku tokoh dunia di perpus.
Meski dibilang “paling”, tapi pada kenyataanya saya memang memiliki cukup banyak sosok yang menurut saya sangat brilliant. Baik kita mulai saja:
– Thomas Edison (1847-1931) living legend
ya, Sir Thomas menurut saya memiliki ide yang sangat cemerlang, seperti bola lampu ciptaannya. Tapi yang paling saya kagum adalah mass technology yang dia ciptakan, electric light! Pada tahun 1882, di umurnya yang masih 35 tahun.
Tapi kreatif yang saya maksud bukan dari ini, namun dia *mungkin* satu2nya tokoh yang dalam hidupnya mempatenkan lebih dari 1000 penemuan.. Waduh saya sendiri sih gak tau tuh dari 1-1000 apa aja. Dari umur 21 hingga 84 tahun, hmm.. Kalo dihitung mungkin tiap bulan dia menciptakan penemuan baru. Ini yang menurut saya ciri utama orang kreatif.

-to be continued- living man

Kuliah creativity innovation kali ini sangat menarik bagi saya. Pak Agus memutar 3 video.
Video 1: Pen PC -> 2020
Saya cukup ragu dengan ekspektasi pen yang dimaksud dapat diciptakan tahun 2020, itu 12 tahun lagi loh. Begini anggapan saya:
– PC needs electricity
– PC produce heat, mulai dari cpu, chipset, hingga gpu
untuk menjejali sebuah pen dengan processor, graphic adapter, memory dan disk drive terabytes agak berlebihan untuk jangka 12 tahun.
Masalahnya:
– OS becoming more demanding -> yah tau lah migrasi dari xp -> vista kan cukup kerasa
– maybe 2020 udah gak pake xp lagi, maybe windows 11.0
– kalo pun mungkin, yah seperti itu, dengan cpu, gpu, memory standar, namun storage yang besar. (meski tetap saya ragu ssd bisa sampai 1gb dengan ukuran pen) sehingga pada akhirnya ya run on windows xp aja.
Menurut saya, yg justru lebih memungkinkan adalah diciptakannya Wireless projector. Jadi pen tersebut hanya merupakan projector yg tersambung dengan PC kita di rumah, seperti remote desktop.
Gimana yah, saya memang penganut size does matter. Yah saat ini saja, prosessor pc bukannya makin kecil malah makin besar (72mm->80mm kalo g salah, intel i7). Graphic card juga, saat ini malah makin hobi bermain di quantity seperti SLI ato crossfire yang bisa ampe quad, bukan malah meningkatkan raw power. Yah walaupun menurut timeline nya sih memang tahun 2009-2010 gpu ud terintegrated dengan cpu. Tapi.. Yah kita liat aja deh.. :p
Video 2: Spielberg’s Movie
Robot dengan emosi.. Okay.. Masih possible deh. Yah kembali kepada fungsi nya. Bagi saya, robot diciptakan lebih kepada fungsinya dalam membantu manusia dalam melakukan sesuatu yang diluar kemampuannya. Contohnya mungkin robot yang memiliki kemampuan mengangkat benda yg sangat berat dan memindahkannya dalam waktu singkat. Yah mungkin si robot dilengkapi oleh tenaga jet or apalah. Saya sendiri berpendapat bahwa robot sebenarnya tidaklah memerlukan emosi. Okay maybe robot can love someone.. But eventually, robot tersebut sepertinya ga mungkin melahirkan kan?? Tapi ga tau juga deh.. kalo si robot juga memiliki kemampuan untuk memproduksi clone.. *waduh canggih nya..
Okay menurut saya sih kalo memang tujuannya lebih ke emosi, kenapa ga langsung cloning aja? Yah misalnya saya mau punya istri luna maya.. Yah maybe it is possible dengan cloning, daripada malah membuat robot yg mirip luna maya. :p
Video 3: Talking shirts?
Ok.. Kalo denger dari pak Agus RFID yang hanya seharga 1rb. Maybe possible2 aja. Tapi, begini.. Kalo saya sih sebenernya lebih ke arah efisiensi. Kalo tiap benda bisa ngomong menurut saya sih boros aja. Kalo 2025 sudah ada robot, mungkin cukup si robot aja yang mengingat. Jadi kalo kita lupa cukup si robot yg mengingatkan. Maybe robot tsb dpt berupa jam tangan atau apalah yang hampir sehari2 selalu kita bawa. Tapi, memang RFID untuk tiap benda sih rasanya harus tetap dipasang. Yah kalo situasinya cuma kita lupa sesuatu mungkin si robot bisa bantu mengingat lokasi. Tapi kalo misalnya benda yang kita hilangkan di curi orang, yah maybe si robot berhenti sampai lokasi hilangnya aja. Sehingga RFID rasanya tetap diperlukan untuk melacak benda tersebut.
Ok deh sekian dulu aja..

Kenapa sih harus kreatif? Penting yah..

Ok, kita usut dulu dari asal kata kreatif..
Creative->
Create-> Creat- (14th Century Latin, past participle of creare, yang artinya “bring forth”-> mendatangkan, memunculkan). Jadi pada dasarnya create artinya menciptakan, membuat, atau menghasilkan sesuatu.
Creative sebagai kata sifat, kemudian didefinisikan sebagai suatu kemampuan untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu, yang baru dan orisinal.

Lalu kembali kepada pertanyaan awal, kenapa kita harus kreatif?

Menurut Andy Law, sastrawan berkebangsaan Inggris, “creativity can provide all the solutions to complex problems of the workplace. Creative thinking is a positive, generative force that uses imagination to power business.”

Mantan Presiden Nigeria, Nnamdi Azikiwe juga mengungkapkan “originality is the essence of true scholarship. Creativity is the soul of the true scholar.”

Ya, kreativitas itu sangat diperlukan dalam memecahkan persoalan yang rumit yang memerlukan imajinasi yang kuat. Kreativitas juga, merupakan jiwa bagi seorang pelajar sejati.
Dua kutipan tadi dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan mengapa kita harus kreatif. Kita terutama sebagai pelajar/mahasiswa, dituntut untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang rumit sehingga diperlukan kemampuan untuk memecahkan persoalan dengan efektif dan efisien. Hal ini dapat terjadi yakni dengan memunculkan gagasan atau pola pikir yang baru atau orisinal, diluar pemikiran yang umum; atau dengan kata lain berpikir kreatif.

Tanggal 9 Agustus 2008, bertepatan dengan Independence Day Singapore yang ke-43.. Akhirnya saya membeli vga juga, Sapphire HD4850 Toxic 512MB di SLS, tepatnya di Cybermind, soalnya cuma itu satu-satunya toko yang jual HD4850 Toxic waktu itu.
Tadinya sih mau beli HD4850 1GB, tapi setelah survey benchmarking di internet yang ternyata beda nya ga gitu signifikan jadi pilihan jatuh ke Sapphire Toxic, yang selain clocknya lebih tinggi 675/1100, dari yang standar 625/993, juga katanya lebih adem karena pake hsf Zalman VF900.
Banyak pertimbangan sih ampe beli vga ini, meski ada sedikit rasa menyesal juga. Yah bayangin harga HD4850 yg standar cuma SGD 244, sedangkan Toxic SGD 303. Memang sih kalo dijumlah ama hsf Zalman VF900 sih memang segitu juga harganya. Tapi di internet sih katanya bagusan pake hsf Thermaltake DuOrb.
Kalo dipikir sih mending HD4870 yang harganya SGD 391, ud pake DDR5, dengan Memory Clock 4000MHz! Tapi yah HD4870 itu butuh 2x6pin power. Yang mana power supply saya saat ini masih cupu, Codegen 550 Watt.

Tapi yah intinya sih memang di Singapore sebagian besar hardware PC lebih murah.. Especially harddisk n vga.. Kalo diitung Toxic yg saya beli di SLS sama dengan harga HD4850 standar di Mangdu.
Tapi yang saya lebih bingung yah harga Harddisk Seagate 7200.11 640GB, bayangin dsana harganya cuma 800rb, eh disini 1,1jt.. Gile aja.. Dosa apa Atikom sebagai distributor Seagate Indonesia bisa jual semahal itu. Padahal pabrik harddisk n processor kan ada di Malaysia. Sedangkan yang Western Digital harganya gak gitu jauh beda, sekitar 900rb. Tapi ya cache nya kan beda, Seagate udah 32mb sedang WD masih 16mb.. Meski WD punya juga yang Black, tapi harganya beda lumayan jauh n cuma ada yang 750GB n 1TB, yang mana menurut saya saat ini masih mahal, dari segi Price/GB.

Kembali ke VGA, Sapphire HD4850 Toxic sebenarnya standar2 aja dari segi model.. Malah saya juga bingung kenapa PCB nya bisa warna biru, yang mana notabene ATi itu biasanya merah.
Saat ini saya pakai ATi Catalyst 8.8 *Latest of Course! :)*. Tapi yah gitu deh masi aja ada saat not responding n crash gitu.. Saya sih sebenarnya lebih bertanya-tanya apa karena saya pake interface HDMI makanya jadi lbh frequently crash gitu.. Maklum sejak punya LCD Sharp 37″, jadi doyan pake yang namanya HD gitu.. Hehe.. Yah meski blom support FullHD sih..
~ToBeContinued~

Saya mendefinisikan Mass technology sebagai teknologi yang dalam waktu tertentu dapat digunakan dan dimiliki setiap orang, dalam hal ini tentunya barang tersebut memiliki nilai ekonomis yang sebanding dengan fungsinya, kemudahan pengoperasian.

Coba jika disebutkan apa saja teknologi yang anda dan masyarakat luas kerap gunakan sehari-hari. Mungkin anda akan menyebutkan:

  • Lampu
  • Televisi
  • Computer
  • Stove
  • Refrigerator
  • Air conditioner
  • Cellphone
  • Mobil
  • Motor

Kalau dilihat-lihat, barang-barang yang disebutkan diatas hampir sepenuhnya menggunakan listrik. Memang teknologi yang disebutkan diatas merupakan evolusi dari teknologi-teknologi yang sudah lama berkembang. Salah satu contohnya seperti roda pada motor dan mobil yang konsep dasarnya sudah diterapkan pada 3500-3000BC di Mesopotamia meski roda sekarang sudah berupa ban yang diciptakan melalui proses vulcanization yang ditemukan oleh Charles Goodyear (1839).

Lalu kira-kira 20 tahun lagi teknologi apa yang akan ada di rumah kita?

Transportation dan Teleportation
Perbedaan utama teleportation dan transportation adalah bagaimana teleportation terjadi secara instaneous. Teori Euclid yang menjelaskan jarak 2 titik terdekat adalah sebuah garis dalam buku The Elements telah diterapkan sejak 23 Abad lalu dalam menentukan jarak terdekat satu titik dengan titik lainnya sehingga dalam hukum kinetik mencapai titik lainnya dibutuhkan waktu yang bergantung terhadap kecepatan dan percepatan.
Teleportation atau space bending dijelaskan dalam teori relativitas
Seandainya seseorang dapat bergerak dengan kecepatan cahaya 300.000km maka dengan keliling bumi sebesar 40.090,28km, orang tersebut dapat sampai ke tempat dimanapun di atas bumi dalam waktu kurang dari sepersepuluh detik. Dengan bergerak pada kecepatan tersebut pula muncul side effect berupa beta factor terhadap waktu dan massa. Pertanyaannya apakah memungkinkan membuat seseorang bergerak dengan kecepatan cahaya di muka bumi? Karena dengan kecepatan ini meski tetap saja termasuk transportation, namun jeda sepersepuluh detik tidak lebih dari kedipan mata.
Teori lain adalah jika manusia diibaratkan sebagai sebuah titik diujung kertas. Untuk mencapai suatu titik diujung kertas berlawanan, dengan teori euclid maka jarak 2 titik terdekat adalah dengan sebuah garis. Namun dengan melipat kertas tersebut titik awal dapat sampai di titik tujuan tanpa perlu melakukan perjalanan sepanjang garis tersebut. Mungkin ini yang sebenarnya menjadi dasar pemikiran teleportation.
Jika dalam film Back to The Future, Marty McFly melakukan time & space bending dengan medium time-travel vehicle-nya dan film Stargate dengan gerbang berupa cincin, dalam film Heroes, Hiro dapat melakukan Time & Space bending dengan bakatnya, serta para magician dapat melakukan telekinesis terhadap suatu objek. Pertanyaannya apakah teleportation sebenarnya dapat dilakukan?
Beberapa metode teleportation yang diungkapkan diatas, yakni dengan sihir, bakat atau menggunakan advanced technology. Saya bukan orang yang superstitious, jadi saya lebih percaya teleportation dilakukan dengan advanced technology.
Teleportation: Analog and Digital method?
Sebenarnya saya sering bertanya-tanya apakah advanced technology mendatang dapat melakukan hal seperti ini. Seperti perubahan sinyal analog menjadi digital, dan kemudian menjadi analog. Dengan menggunakan suatu alat yang terhubung directly dengan GPS Satellite atau dengan BTS, manusia dikonversi menjadi sinyal digital dan dikirim ke lokasi yang diinginkannya dan kemudian kembali dikonversi menjadi manusia kembali. Permasalahan yang muncul adalah ketika dilakukan sabotage pada convertor. Ketika manusia diubah kedalam sinyal digital, dan seseorang melakukan cut-off pada output sinyal, manusia tersebut dapat punah seketika. Metode ini memang lebih tidak masuk akal dibandingkan dengan metode kecepatan cahaya, namun saya cukup tertarik dengan metode ini.

Tulisan ini memang masih berkaitan dengan tulisan sebelumnya. Bagaimana seandainya suatu ketika di masa depan, listrik menjadi sesuatu yang sangat mahal? Atau bahkan benar-benar langka?

Hampir semua barang elektronik yang kita miliki memerlukan listrik. PC, TV, AC, semua menggunakan listrik. Hampir setiap hari saya berada di depan layar komputer. Seandainya terjadi mati lampu, saya bisa terkapar bosan di rumah.

Sumber daya listrik yang terdapat di alam dan mudah diterapkan oleh masyarakat umumnya hanya matahari, angin dan air. Kedua sumber daya tersebut tentunya menghasilkan energi yang jauh lebih kecil dibandingkan nuklir, bahkan minyak bumi sekalipun. Saya terkadang mengandaikan seandainya semua bahan seperti minyak bumi (yang memang sudah mulai langka), batu bara dan lainnya sudah mulai menipis.

Apakah manusia akan siap, atau dalam pengertian lain apakah dengan hanya menggunakan sumber daya matahari, angin dan air manusia dapat terus bertahan? Semoga saja bisa. =)

Saya sangat tertarik dengan cerita ini. Berangkat dari Kejadian 11:1-9, diceritakan bahwa manusia pada awalnya terdiri dari satu bangsa dan satu bahasa. Manusia kemudian berupaya membuat menara hingga mencapai langit. Tindakan manusia tersebut membuat Tuhan marah dan membuat bahasa manusia menjadi kacau balau.

Dari cerita tersebut, yang menarik saya adalah bagaimana saat ini manusia kembali melakukan tindakan yang sama. Upaya menyatukan kembali bahasa manusia dengan adanya bahasa internasional seperti bahasa inggris. Dan maraknya pembangunan skyscraper di negara-negara maju. Salah satu gedung yang sangat menarik saya adalah gedung di Dubai, ketika dilakukan presentasi oleh teman-teman Seminar Studio Futuristik. Kedua hal ini yang tidak lain menjadi fokus dari cerita babel.

Saya sendiri sebenarnya juga ragu dengan cerita babel. Ya bayangkan dengan cara apa manusia pada jaman itu membangun menara hingga menembus langit? Jangankan Babel, pembangunan Pyramid saja saya masih terbawa hal-hal mistis hingga makhluk E.T. =) namun kenyataannya beliefs seperti ini salah satunya bermaksud untuk mengingatkan manusia akan kekuatan Tuhan.

Kemajuan peradaban manusia yang telah mencapai suatu titik tertentu yang selain memberikan dampak positif, juga dilain hal menimbulkan hal negatif. Dampak negative tersebut yang perlu diperkecil sedemikian mungkin sehingga tidak mengganggu keseimbangan alam, agar kelak nantinya tidak terulang dongeng Tower of Babel atau Noah’s Ark. =)

Waduh besok perdana jadi asisten PTI C buat mahasiswa SF dan SITH angkatan 2008.
Rada nervous, jadi ga bisa tidur.. Padahal besok mulai jam 7.. Moga aja alarm nya fungsi.. 🙂