Skip navigation

Tanggal 9 Agustus 2008, bertepatan dengan Independence Day Singapore yang ke-43.. Akhirnya saya membeli vga juga, Sapphire HD4850 Toxic 512MB di SLS, tepatnya di Cybermind, soalnya cuma itu satu-satunya toko yang jual HD4850 Toxic waktu itu.
Tadinya sih mau beli HD4850 1GB, tapi setelah survey benchmarking di internet yang ternyata beda nya ga gitu signifikan jadi pilihan jatuh ke Sapphire Toxic, yang selain clocknya lebih tinggi 675/1100, dari yang standar 625/993, juga katanya lebih adem karena pake hsf Zalman VF900.
Banyak pertimbangan sih ampe beli vga ini, meski ada sedikit rasa menyesal juga. Yah bayangin harga HD4850 yg standar cuma SGD 244, sedangkan Toxic SGD 303. Memang sih kalo dijumlah ama hsf Zalman VF900 sih memang segitu juga harganya. Tapi di internet sih katanya bagusan pake hsf Thermaltake DuOrb.
Kalo dipikir sih mending HD4870 yang harganya SGD 391, ud pake DDR5, dengan Memory Clock 4000MHz! Tapi yah HD4870 itu butuh 2x6pin power. Yang mana power supply saya saat ini masih cupu, Codegen 550 Watt.

Tapi yah intinya sih memang di Singapore sebagian besar hardware PC lebih murah.. Especially harddisk n vga.. Kalo diitung Toxic yg saya beli di SLS sama dengan harga HD4850 standar di Mangdu.
Tapi yang saya lebih bingung yah harga Harddisk Seagate 7200.11 640GB, bayangin dsana harganya cuma 800rb, eh disini 1,1jt.. Gile aja.. Dosa apa Atikom sebagai distributor Seagate Indonesia bisa jual semahal itu. Padahal pabrik harddisk n processor kan ada di Malaysia. Sedangkan yang Western Digital harganya gak gitu jauh beda, sekitar 900rb. Tapi ya cache nya kan beda, Seagate udah 32mb sedang WD masih 16mb.. Meski WD punya juga yang Black, tapi harganya beda lumayan jauh n cuma ada yang 750GB n 1TB, yang mana menurut saya saat ini masih mahal, dari segi Price/GB.

Kembali ke VGA, Sapphire HD4850 Toxic sebenarnya standar2 aja dari segi model.. Malah saya juga bingung kenapa PCB nya bisa warna biru, yang mana notabene ATi itu biasanya merah.
Saat ini saya pakai ATi Catalyst 8.8 *Latest of Course! :)*. Tapi yah gitu deh masi aja ada saat not responding n crash gitu.. Saya sih sebenarnya lebih bertanya-tanya apa karena saya pake interface HDMI makanya jadi lbh frequently crash gitu.. Maklum sejak punya LCD Sharp 37″, jadi doyan pake yang namanya HD gitu.. Hehe.. Yah meski blom support FullHD sih..
~ToBeContinued~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: