Skip navigation

Saya sangat tertarik dengan cerita ini. Berangkat dari Kejadian 11:1-9, diceritakan bahwa manusia pada awalnya terdiri dari satu bangsa dan satu bahasa. Manusia kemudian berupaya membuat menara hingga mencapai langit. Tindakan manusia tersebut membuat Tuhan marah dan membuat bahasa manusia menjadi kacau balau.

Dari cerita tersebut, yang menarik saya adalah bagaimana saat ini manusia kembali melakukan tindakan yang sama. Upaya menyatukan kembali bahasa manusia dengan adanya bahasa internasional seperti bahasa inggris. Dan maraknya pembangunan skyscraper di negara-negara maju. Salah satu gedung yang sangat menarik saya adalah gedung di Dubai, ketika dilakukan presentasi oleh teman-teman Seminar Studio Futuristik. Kedua hal ini yang tidak lain menjadi fokus dari cerita babel.

Saya sendiri sebenarnya juga ragu dengan cerita babel. Ya bayangkan dengan cara apa manusia pada jaman itu membangun menara hingga menembus langit? Jangankan Babel, pembangunan Pyramid saja saya masih terbawa hal-hal mistis hingga makhluk E.T. =) namun kenyataannya beliefs seperti ini salah satunya bermaksud untuk mengingatkan manusia akan kekuatan Tuhan.

Kemajuan peradaban manusia yang telah mencapai suatu titik tertentu yang selain memberikan dampak positif, juga dilain hal menimbulkan hal negatif. Dampak negative tersebut yang perlu diperkecil sedemikian mungkin sehingga tidak mengganggu keseimbangan alam, agar kelak nantinya tidak terulang dongeng Tower of Babel atau Noah’s Ark. =)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: