Skip navigation

Kali ini giliran perusahaan paling kreatif.
Waduh ada banyak sih perusahaan yang muncul dalam pikiran saya. Ok saya sebut satu2 aja deh.
– Microsoft
ya mungkin sedikit pasaran. Ok menurut saya microsoft memang kreatif. DirectX, Friendly GUI, driver compatibility. Windows XP menurut saya masih versi windows yang paling stabil, ya meski tidak se advanced Vista atau windows7.
Okay, memang windows saking user friendly jadi lebih banyak orang yang hobi modding, dan sisi negatifnya adalah virus, trojan dan kawan2. Berbayar? Ya, windows memang gak gratis, bukan open source. Tapi apa dampak yang paling positifnya? Ya, pengembang software yang komersil lebih memilih mengembangkan di platform windows, “meski pada kenyataanya menggunakan software bajakan juga”:p. Ya setidaknya, sampai saat ini saya hanya bisa memainkan game teranyar di platform windows.
– Lamborghini
perusahaan mobil exotic ini menciptakan my most wanted car, lamborghini countach. Referensi nya sedikit lupa, tapi seingat saya mobil ini pertama diciptakan sekitar tahun 1970 akhir. Desain mobil ini benar2 out of the box menurut saya, setidaknya pada jaman 1970-1980an. Ya meski saking kreatifnya mobil ini juga dinobatkan sebagai mobil terboros, bayangin aja 6 miles per gallon!
– intel
hmm saya awalnya lebih tertarik menggunakan amd, tapi seiring waktu saya menyadari bahwa intel meninggalkan amd pesaingnya dengan margin yang jauh..
Prosessor intel, seperti e7200, hanya memakan daya sebesar 8W saat idle! Kemampuan komputasinya bahkan mengalahkan phenom x4 9850, yang hampir 2x lebih mahal. Tinggal tunggu saja tanggal mainnya intel i7.
Chipset intel, ini juga.. Setidaknya dari tahun lalu, intel sudah memasarkan mobo supporting ddr3 (>p35). Yang mana amd belum mengeluarkan hingga tahun ini. Memang sih faktanya in real life memory yang lebih penting quantitasnya, bukan speednya. Tapi setidaknya ddr3 juga lebih hemat listrik *walaupun harganya juga lebih mahaal*. X58, pasangannya i7 juga sudah mulai diproduksi berbagai vendor. Disini yang saya tekankan adalah bagaimana intel bisa selangkah lebih maju dibanding amd.
– nvidia
Nvidia, ya produsen graphic card ini juga, mengalahkan ATi, walaupun saya masih ragu sampai saat ini. Tapi yang pasti, nvidia mengambil langkah besar dengan mengakuisisi Ageia PhysX, melahirkan software programming CUDA, dan yang paling penting menghasilkan graphic card yang hampir selalu mengalahkan ATi dalam hal raw power, yang menjadikan nvidia memiliki pasar yang berbeda dengan ATi yang lebih mengejar price/performance. Dan saat ini sepertinya hampir semua game diawali dengan iklan nvidia *intel juga*.
– nokia
connecting people. Sejak bluetooth muncul, saya menyadari bahwa nokia memang kreatif, ya nokia 7650 seingat saya waktu itu. Warna, kamera dan bluetooth. Saya sendiri sebenarnya penggemar motorola. Namun saya menyadari bahwa desain hp yang dihadirkan nokia memang catchy. Semakin lama teknologi yang ada melampaui hp dari produsen lain. Sebut saja wifi, saya sampai kesulitan mencari hp non windows mobile dan nokia dengan kriteria memiliki wifi 2tahun lalu. Yah akhirnya jatuh ke nokia juga krn harga pocketpc yang mahal.
Sekarang, nokia sudah menstandarkan hp nya dengan fitur wifi, camera >3,2mp, dan gps. n78 sebagai contoh. Gimana produsen lain? Motorola? Hmm
SE? Kreatif, bluetooth dgn shaking sensor, meski fitur seperti gps n wifi jg belum memasar
Philips? Baterai yang tahan hingga 2-3minggu. Sangat kreatif menurut saya disaat produsen lain bermain di fitur camera dll. Tapi kurang follow up saja, service di indo kurang memuaskan. Masa teman saya sampai ganti hp gara2 batrenya ngedrop dan ga ada yang jual *ini bukan hp yang saya maksud diatas”.
oia, sebagai penutup, tulisan ini sama sekali tidak bermaksud menjatuhkan, saya hanya mencoba bersikap kritis, atau bahkan justru mendorong perusahaan tersebut agar tidak kalah kreatif. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: