Skip navigation

Hari ini seperti biasanya, mencoba melanjutkan buat skripsi. Sepertinya mundur lagi.. hehehe.. jujur aja nih emang saya ga ada backup teori yang pasti. Agak2 tersendat, tapi yauda lah nanti juga beres. Sejumlah teori yang dipakai anak arsi buat bikin skripsi tentang stasiun juga saya coba sintesis buat bahan.. hehe..

Ga cuma itu, saya hari ini mencari2 software untuk unlock pdf restriction. Atau biasanya sih disebut password remover (yang kenyataannya ga begitu). Umumnya pdf biasa bisa dibuka dengan langsung, dan isinya dapat dicopy maupun di snapshot. Kalo pdf yang ada restriction, ada tulisan (protected) dan jika di buka umumnya ga bisa di copy/snapshot. Beda lagi kalo yang di password, sejak dibuka udah diminta password nya. Dari semua software yang sudah saya coba, menurut saya A-PDF Password Security yang paling bagus. Opsi nya banyak, bisa batch (sekaligus banyak) juga. Cuma yang saya belum dapet sih yang integrated ama windows explorer nya, jadi tinggal klik kanan buat unlock gitu.

Selain itu saya juga mencoba pakai OCR dari scanner saya. Software standar dari CD Epson TX111 adalah Newsoft MaxReader 4.5, namun saya menggunakan Nuance Omnipage 17, yang katanya merupakan software OCR terbaik. Oke, pas di coba memang ga terbaik2 banget, at least hasilnya memang ga 100% akurat. Tapi bagus kok, maybe karena memang scanned object saya kurang bagus juga. Sebagai contoh saya mencoba OCR daftar perjalanan kereta api, it works, though maybe layout nya agak aneh makanya jadi ga 100% akurat, selain juga karena bahasa indonesia mungkin dictionary nya agak bingung.

Also saya mencoba Google Earth Plus 5. Selama ini saya selalu menggunakan Google Earth 4.2 Pro dengan pertimbangan Google Earth Pro dapat menghitung area dan perimeter, serta dapat menyimpan gambar dalam resolusi maksimum 4800×4800. Namun ternyata saat ini Google Earth 5 juga bisa melakukan tersebut, dan tidak harus versi Pro, ternyata versi Plus saja sudah dapat melakukan dua hal yang saya sebutkan di atas. Selain itu Google Earth 5 memang memiliki sejumlah kelebihan seperti navigasi GPS, hingga Pilot Mode. Namun ada sedikit problem, ternyata peta di Google Earth 5 lebih update dibanding peta google earth 4.2. Tapi yang ada malah peta Stasiun Bekasi yang ingin saya ambil lebih gelap warnanya, mungkin waktu snapshot dari satelit pas lagi mendung kali ya.. hehe.. :p Memang lebih bagus hasil dari Yahoo Maps sih, warnanya cerah dan lebih tajam dibandingkan gambar dari Google Earth, hanya saja karena tidak ada aplikasinya, untuk menyimpan file hanya dapat dilakukan dengan print screen dan terbatas resolusi layar.

Kok banyakan eksperimen software nya ya dibanding bikin skripsi.. pantesan ga jadi2.. Hehe.. emang sih, tapi ya saya fun kok melakukannya. Nambah ilmu aja, cuma ya buat jaga2 saya tulis di blog nih, berabe kan kalo pikun saya kambuh.. hehe.. Just Feels Like My Abso-bloody-lutely World.. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: