Skip navigation

Kali ini saya akan menjelaskan mengenai komponen-komponen komputer. Tentunya saya akan membahas komponen tersebut sesuai dengan trend saat ini, jadi di sini saya ga akan melihat ke belakang dan menjelaskan mengenai sejarah komputer beserta komponennya (mungkin akan saya bahas nanti dalam guide tersendiri). Dalam guide ini saya akan membahas berdasarkan komponen yang telah ada saat ini (available in Indonesia). Jadi ga terlalu ke depan juga, so don’t expect saya akan jelasin apa bedanya USB 2.0 dengan USB 3.0. 🙂

Saya akan membagi dua klasifikasi komponen, yakni komponen internal dan komponen eksternal. Internal dalam hal ini Apa yang ada di dalam casing, dan eksternal yakni media input output. Tentunya yang saya bahas di sini cuma komponen2 dasar saja, jadi jangan aneh2 juga bilang kalo ada casing yang built-in LCD, atau nanya kenapa printer ga dimasukin ke komponen eksternal.

Plis jangan komplain kalo apa yang saya tulis beda dengan apa yang anda dapat waktu di sekolah atau di situs2 lain, coz di sini saya menjelaskan dengan cara saya sendiri. perkara kalo nanti ada yang salah, sebisa mungkin saya ralat. Pake bahasa indonesia dulu aja deh biar gampang dicerna.

INTERNAL

  1. Motherboard/Mainboard (Mobo)
  2. Prosessor/Central Processing Unit (CPU)
  3. Memory (RAM)
  4. Power Supply (PSU)
  5. Hard Disk Drive (HDD)
  6. Graphic Card/Graphic Processing Unit (GPU)
  7. Optical Disk Drive (ODD)
  8. Case

Beberapa komponen internal seperti FDD saya rasa saat ini sudah obsolete, jadi saya ga akan menjelaskannya. Untuk aksesoris/antarmuka (interface) seperti bluetooth, wifi, dll akan saya bahas dalam rangkaian guide tersendiri.

EKSTERNAL

  1. Monitor (Output)
  2. Keyboard (Input)
  3. Mouse (Input)

Komponen input dan output lain seperti gamepad, printer dan lainnya akan saya bahas dalam rangkaian guide tersendiri.

N.B.: Penulis adalah mahasiswa planologi yang merasa bahwa definisi plan dalam planologi sangat luas dan tidak hanya sebatas apa yang di terima di perkuliahan, namun juga plan dalam artian merencanakan segala sesuatu dalam hidup dengan efektif dan efisien sesuai dengan sumber daya yang ada secara optimal demi kepentingan masa depan. Di sini penulis mencoba membantu pembaca dalam mengetahui komponen komputer sehingga diharapkan dapat membantu dalam merencanakan komputer yang akan dimiliki nya di kemudian hari.

OK..OK.. Ini sih baru list komponen nya. Awalnya saya mau deskripsi langsung tiap komponen, tapi setelah saya perhitungkan masak2 sepertinya agak banyak yang ingin saya jelaskan, jadi akan saya bahas per komponen aja di tiap post. Sebisa mungkin sih tiap hari saya akan jelaskan satu komponen. 🙂

Advertisements

One Comment

  1. Keren euy.. jadi bisa bagi2 informasi! ^ ^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: